23 Oktober 2008

Kingdom Of Heaven (Movie)




Film ini berceritakan mengenai kemampuan seorang knight sejati dalam melindungi rakyat dan kotanya. Setting film ini adalah kota Yerusalem pada abad pertengahan dimana pada saat itu Yerusalem masih dalam genggaman umat kristiani namun ternyata kekuatan kaum Saracen (islam) lebih besar dibawah pimpinan Salahuddin/Saladin, kita pasti bertanya mengapa saladin tidak berusaha menggempur kota Yerusalem dan kembali merebut kekuasan atas kota itu? Jawabannya adalah karena telah terjadi perjanjian damai antar dua pihak agar tidak saling berperang.

Kekuasaan Kristiani di bawah pimpinan rajanya yang terkena penyakit lepra ternyata tidak lagi solid karena beberapa bangsawan (Baron) mulai berusaha merebut kekuasaan walaupun tidak secara terang-terangan, salah satunya adalah Guy De Lusignan, ia adalah adik ipar dari raja, yang merupakan pimpinan dari para Knight of Templar. Guy yang sombong dan egois ini merasa bahwa perjanjian damai dengan kaum Saracen seharus nya tidak perlu dilakukan dan ia juga merasa bahwa Raja tidak lagi pantas menduduki tahtanya. Dari pemikiran yang licik ini lah Guy selalu memancing peperangan dengan kaum Saracen dengan melanggar perjanjian-perjanjian damai dan melakukan penyerangan-penyerangan kepada rombongan-rombongan kaum Saracen. Akibat dari tindakan Guy De Lusignan ini maka Saladin mulai melakukan persiapan penyerangan ke kota Kerak yang merupakan kota milik salah seorang pimpinan Knight of Templar, Reynald De Chatillon, yang juga ikut andil dalam penyerangan-penyerangan terhadap rombongan-rombongan kaum Saracen.

Disini lah dimulainya aksi heroik tokoh utama film ini Balian Son of Godfrey, seorang pandai besi yang ternyata adalah anak seorang Baron dari kota Ibelian, yang mana mendapatkan tugas dari Raja untuk melindungi rakyat yang ada di kota Kerak dari serangan Saladin sebelum rombongan Raja sampai di kota tersebut. Balian yang hanya memiliki sekitar 30-40 prajurit harus menghadang gempuran Saladin dan 200 ribu parajuritnya, bisa kita lihat bagaimana pertempuran yang tidak seimbang itu terjadi, di adegan ini terlihat bahwa Balian dan pasukan berkudanya terkepung namun dengan semangat kesatria tetap melakukan perlawanan. Akhirnya perlawanan Balian berakhir dengan kekalahan karena pertempuran yg tidak seimbang ini, namun ia dan beberapa prajuritnya tetap selamat dan oleh karena kebesaran hati Saladin ia dibebaskan. Penyerangan Saladin akhirnya terhenti karena rombongan Raja dari Yerusalem telah tiba dan sang Raja menyatakan permohonan maafnya kepada Saladin atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan bawahannya dan berjanji akan menindak keras Reynald De Chatillon, dikarenakan Saladin masih menghormati sang Raja maka ia menerima permohonan maaf itu dan mau menarik mundur pasukannya kembali ke kota Damaskus. Reynald De Chatillon akhirnya ditangkap dan dipenjarakan atas sikap arogannya sedangkan Guy De Lusignan tidak dihukum karena sang Raja tidak mendapatkan bukti keterlibatannya. Tidak lama setelah peristiwa tersebut sang Raja yang memang sudah lemah apa lagi diperparah oleh perjalanan yang telah dilakukannya dari Yerusalem ke Kerak mengakibatkan kematian bagi diri nya. Otomatis kekuasaan beralih ke tangan adiknya Sybilla yang merupakan istri dari Guy De lusignan dan karena hal itupula lah maka Guy De Lusignan diangkat menjadi Raja menggantikan Raja yang sebelumnya. Karena kekuasaan di pegang oleh Raja yang haus perang namun tidak memiliki kepandaian dan kecakapan dalam berperang maka akhirnya kerajaan ini jatuh ketangan Saladin. Memang Saladin telah mengalahkan Guy De lusignan namun kota Yerusalam masih belum dalam kekuasaannya karena masih ada Balian Son of Godfrey yang berusaha mempertahankan kota itu. Teman-teman yang pernah memainkan game Stronghold pasti mengerti dan paham akan taktik-taktik pertahanan jitu yang dilakukan oleh Balian dalam mempertahankan kota Yerusalem ia tidak langsung terprovokasi untuk membalas tembakan-tembakan balista dari kubu Saladin sebelum mereka sampai dalam jarak tembak balista miliknya. Balian berhasil bertahan walaupun hanya berpasukan rakyat biasa dan hal ini terjadi selama 3 hari sebelum akhir nya ia berhasil memaksa Saladin untuk melakukan perjanjian bahwa ia akan menyerahkan Yerusalem namun dengan syarat Saladin harus menjamin keselamatan rakyat dan prajuritnya, hal ini di setujui oleh Saladin dan akhir nya Yerusalem kembali dalam kekuasaan kaum Saracen.

Dialog yang penuh arti:
Balian:" What Yerusalem mean for You?"
Saladin:" Nothing.... but everything"

Catatan bagiku adalah serunya pertempuran 3 hari yang dilakukan oleh Balian dalam mempertahankan kota Yerusalem apalagi pertempuran terakhir pada saat dinding kota akhir nya jebol oleh pasukan Saladin, disana Balian dan rakyatnya berusaha mati-matian menutup jalan pasukan Saladin dalam menerobos kota. Pertempuran akhir ini tidak lagi menggunakan taktik namun kembali ke insting awal peperangan yaitu "Bunuh atau Dibunuh" kedua kubu tidak ada yang mau mengalah dan kedua-duanya saling mempertahankan prinsip masing-masing.

3 komentar:

  1. nah kalo movie gw maseh bisa komen bob!!

    btw...ada beberapa kesalahan tulis tuw..cumen sebagai tambahan aja :

    - waktu the battle of kerak!! pasukan balian tidak melawan 200k pasukan saladin...cumen pasukan depan aja / pasukan mata2..yg jumlahnya +/- 1-2k
    - setelah battle of kerak, balian bisa selamat bersama pasukannya karena jendral pemimpin pasukan depan saladin adalah orang yg pernah utang budi ama balian....ga ada urusannya ama saladin
    - quote :
    "Otomatis kekuasaan beralih ke tangan adiknya Sybilla yang merupakan istri dari Guy De lusignan dan karena hal itupula lah maka Guy De Lusignan diangkat menjadi Raja menggantikan Raja yang sebelumnya"
    sebenernya sang raja (King Baldwin IV) berniat mo menikahkan sybilla ama balian demi kerukunan islam ama kristen dan mereka berdua pun pasangan yg cocok dan saling menyukai dan udah ML laghe (di Ibelin) tapi apabila Balian menikahi sybilla maka Guy dan bawahannya akan lgsg dihukum pancung sebagai konsekuensinya (politik), lalu balian menolak karna tidak sesuai dengan moralnya. (bego!!)
    -Quote (laghe) ;
    "Balian berhasil bertahan walaupun hanya berpasukan rakyat biasa dan hal ini terjadi selama 3 hari sebelum akhir nya ia berhasil memaksa Saladin untuk melakukan perjanjian bahwa ia akan menyerahkan Yerusalem namun dengan syarat Saladin harus menjamin keselamatan rakyat dan prajuritnya, hal ini di setujui oleh Saladin dan akhir nya Yerusalem kembali dalam kekuasaan kaum Saracen."
    sebenarnya bukan memaksa karna memang harapan balian dan penduduk adalah bertahan selama mungkin demi mendapatkan harapan negosiasi karna tidak mungkin pasukan yerusalem (yg hanya terdiri dari kaum petani dan penduduk biasa)bisa menang dari Saracen yg dipimpin oleh Saladin, target dari Balian adalah mempertahankan nyawa penduduk Yerusalem bukan kotanya!!

    Fave Quote :
    "Your qualities will be known among your enemies before ever you meet them"

    BalasHapus
  2. Buset ini dia komet yg aku suka dan aku tunggu2 dari teman2 mantap Q ^^ soal pernikahan politik itu Q yah itukan cuma bumbu film dan hal itu ngak akan terjd (maksudku balian ngak bakalan setuju nikahi sybilla) karena kalo terjadi sejarah berarti di ubah dong itu kan melanggar....(melanggarapa ya bingung)

    soal peristiwa selamatnya balian emang salah ku tuh (makasudnya salah tulis) emang bukan krn saladin tapi karena bwhan nya itu yg pernah ketemu dgn balian ^^

    buat Q mau dibahas film apa lg nih Lord Of The Ring mau ngak?

    BalasHapus
  3. nah yg kita bahas kan pilem berjudul the kingdom of heaven bukan sejarah sesungguhnya!! cumen mo mbenerin beberapa kata2 yg agak salah...biar yg baca enak!!

    manut2 aje deh kalo sy

    BalasHapus